3 Perbedaan Ikan Guppy Dengan Ikan Cupang

Hotfoodidomeni – Sekilas kedua jenis ikan hias ini memiliki kesamaan. Mulai dari warna yang cerah hingga bentuk ekor yang indah. Bahkan keduanya sama-asama bisa hidup di air tawar tanpa bantuan mesin oksigen yang biasa diperlukan di dalam akuarium. Jenis makanan yang dibutuhkan pun sama, ketika masih baby fish keduanya sama-sama memakan kutu air.

Bagi peminat ikan hias guppy dan cupang yang rasanya repot untuk mencari pakan kutu air, tidak perlu khawatir karena sekarang banyak lapak ikan yang mnjual beragam jenis pakan, mulai dari yang alami hingga dalam bentuk pelet. Ikan hias tentunya sangat perlu diperhatikan akan perkembangannya lewat asupan pakan. Antara yang alami dan buatan haruslah berimbang, agar corak dan pola ekornya dapat bertumbuh dengan indah.

Perbedaan Ikan Guppy Dengan Ikan Cupang

Memang akan berbeda sensasi merawat ikan hias dari yang masih baby fish. Sebab kita akan melihat dia bertumbuh dan muncul jenis warna serta dapat melihat pertumbuhan ekor yang menawan pada kedua jenis ikan ini. ketelatenan harus dimiliki untuk merawat ikan hias, meski terlihat mudah tapi jangan diremehkan. Sebab kematian rrentan terjadi sebelum dia mencapai dewasa. Berikut ini 3 perbedaan ikan guppy dan ikan cupang.

Karakter

Ikan guppy termasuk ikan yang memiliki karakter lebih bersahabat dan dapat hidup berkoloni, baik dengan sejenisnya atau bersama ikan hias lainnya yang juga bersahabat. Beda dengan cupang yang lebih agresif dan sangat memikirkan daerah kekuasaan. Tentunya karakter cupang ini tidak cocok untuk di masukkan ke dalam akuarium bersama dengan cupang atau jenis ikan hias lainnya.

Banyak yang memaksakan untuk memasukkan ikan cupang ke dalam wadah yang sama bersama ikan yang lainnya. Berharap akuariumnya dihuni oleh beberapa jenis ikan hias yang idah. Alih-alih indah, justru dapat menyebabkan kematian pada ikan yang lainnya, karena cupang merupakan ikan hias berinsting aduan.

Harga

Ikan hias memang memiliki keanegaragaman bentuk, jenis, serta harga yang tidak kalah penting. Bagi penghobi tentunya harga ikan hias baik guppy maupun cupang, tidak akan jadi masalah. Namun untuk pemula rasanya perlu diperhatikan agar tidak tertipu ketika membeli ikan hias yang diinginkan. Harga cupang jenis yang paling bagus relatif lebih mahal dibanding guppy yang paling bagus. Perbedaan keduanya bisa mencapai 6 – 7 juta lebih.

Harga yang fantastis untuk seekor ikan hias, tapi yang ingin belajar memelihara ikan guppy atau cupang, bisa mencoba pelihara yang harga termurah dulu. Nikmati proses tumbuh dan kembangnya si ikan cantik ini. Harga termurah dari ikan cupang atau guppy ialah mulai dari 5 ribu rupiah per ekornya. Corak warnanya yang beragam bisa kita pilih, meski masih anakan dan belum memiliki ekor dan sirip yang indah seperti ikan dewasa.

Pakan

Setelah ikan dewasa, keduanya bisa memakan jentik nyamuk atau pelet yang khusus untuk jenis ikannya. Beda ikan maka beda pula pakan yang dibutuhkannya, karena keperluan yang dibutuhkan untuk guppy dan cupang pun berbeda. Meski keduanya sama-sama berwarna dan berekor indah, keduanya juga butuh pelet berbeda yang menjadi perbedaan ikan guppy dan ikan cupang . Kita harus memberi pakan yang sesuai untuk ikan guppy maupun cupang.

Pemberian makan pada ikan guppy dan cupang sebenarnya sama dengan ikan hias lainnya. Kita harus memperhatikan makanannya, mulai dari pemilihan pelet serta pemberian pakan yang bersifat alami. Jangan sampai kita hanya memberi pelet saja tanpa memberikan pakan yang alami seperti, jentik nyamuk atau kutu air.

Itulah 3 perbedaan ikan guppy dan ikan cupang yang bisa menjadi pertimbangan untuk memelihara ikan hias. Semua ikan hias tentunya indah dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal terpenting dalam memelihara ikan guppy atau cupang ialah ketelatenan dalam pemeliharaannya. Setiap pagi ikan butuh untuk dijemur dan diganti airnya agar terhindar dari penyakit. Jadi apa pilihanmu, guppy atau cupang?

Sumber gambar: IDN Poker