Sumber Keuangan Negara Dan Contohnya

Hotfoodidomeni – Sumber keuangan negara diperoleh dari berbagai cara dan tempat. Sedangkan keuangan negara diartikan sebagai hak dan kewajiban yang dipandang dari nilai mata uang. Jadi semua hal yang bentuknya uang atau barang bisa menjadi hak milik negara. Untuk itulah diperlukan kebijakan dalam mengelola keuangan negara supaya tujuan pengelolaan uang negara bisa lebih terarah.

Tujuan Pengelolaan Keuangan Negara

Berikut ini adalah beberapa tujuan pengelolaan keuangan negara:

  • Membantu pertumbuhan ekonomi negara
  • Menjaga tingkat keseimbangan ekonomi negara
  • Memindahkan tempat seluruh sumber ekonomi negara
  • Membantu mendorong peningkatan retribusi pendapatan pemerintah
  • Menjadi sumber utama keuangan negara

Berbagai Sumber Keuangan Negara dan Contohnya

Pada dasarnya sumber keuangan negara terbagi menjadi dua yaitu sumber keuangan negara dari dalam dan luar negeri berikut ini:

1. Sumber Keuangan Negara yang berasal dari Dalam Negeri

Sumber keuangan negara yang berasal dari dalam negeri terdiri dari:

1. Pajak

Pajak sebagai sumber keuangan utama negara yang sifatnya wajib dan memaksa. Pajak ini sepenuhnya digunakan untuk kemakmuran rakyat. Jadi semua warga negara yang ada dan tinggal di Indonesia harus membayar pajak. Contoh dari pajak adalah pajak rumah dan bangunan, pajak penghasilan, pajak kendaraan bermotor dan lain sebagainya

2. Retribusi

Retribusi merupakan pungutan wajib yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Pungutan ini ditarik sesuai dengan peraturan yang ada. Sehingga semua orang harus dan wajib membayar pungutan tersebut. Contoh dari retribusi adalah retribusi parkir dijalan, ijin mendirikan bangunan, pelayanan kesehatan milik pemerintah dan lain sebagainya.

3. BUMN/BUMD

BUMN dan BUMD adalah sebuah unit usaha yang dibangun pemerintah demi mendapat pemasukan negara. Jadi sebagian besar dari keuntungan usaha tersebut akan diberikan pada pemerintah selaku pemiliknya.

Keberadaan BUMN dan BUMD ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain itu badan tersebut juga berfungsi untuk mengendalikan harga pasar agar tidak dikendalikan oleh pemilik modal. Contoh dari BUMN adalah BULOG, PT. Telkom, PT. Pertamina,dll.

4. Denda dan Penyitaan

Pengadaan denda dan sita adalah sebuah bentuk penegakan hukum. Tujuannya supaya masyarakat menjadi lebih disiplin mematuhi aturan. Jadi denda dan penyitaan ini hanya dilakukan pada masyarakat yang melanggar aturan saja. Contohnya seperti denda karena keterlambatan membayar pajak.

Baca juga: Perbedaan ikan guppy dan ikan cupang

5. Percetakan uang

Sumber keuangan negara selanjutnya adalah dengan mencetak uang. Hal ini dilakukan supaya negara tidak mengalami defisit. Meski begitu, percetakan uang ini sendiri tetap harus dikendalikan agar tidak terjadi inflasi. Contohnya adalah mencetak uang melalui bank Indonesia

6. Peminjaman uang

Selain mencetak uang, sumber keuangan juga bisa diperoleh dari pinjaman. Pinjaman sendiri bisa diperoleh dari dalam maupun luar negeri. Kekurangannya pemerintah diharuskan membayar bunga dari pinjaman ini. Contohnya adalah pemerintah melakukan pinjaman pada individu, institusi perbankan atau non perbankan.

7. Sumbangan atau Hibah

Sumber keuangan yang satu ini diperoleh dari hasil hibah atau sumbangan dari berbagai pihak. Bisa dari pihak dalam negeri atau luar negeri. Untuk jumlahnya sendiri tidak bisa dipastikan karena tergantung dari pihak penyumbang nya. Contoh seperti sumbangan dari luar negeri untuk penanggulangan bencana atau wabah penyakit dan hibah berupa tanah yang diberikan pada negara.

8. Pajak Undian Berhadiah

Pajak undian berhadiah didapat dari acara undian berhadiah yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun pihak lain. Jadi hadiah pemenangnya akan dikurangi untuk biaya operasional. Contohnya seperti undian bank swasta yang berhadiah motor atau mobil.

2. Sumber Keuangan Negara yang Berasal dari Luar Negeri

Sumber keuangan negara dari luar negeri dibagi menjadi dua yaitu:

1. Peminjaman Proyek

Pinjaman proyek adalah penerimaan keuangan yang berasal dari reaksi pinjaman proyek tahun sebelumnya.

2. Peminjaman Program

Jadi negara bisa saja memperoleh sumber keuangan dari luar negeri namun bentuknya berupa pinjaman program. Selanjutnya pinjaman program dari pihak asing tersebut dicairkan dalam bentuk uang. Uang tersebut kemudian digunakan untuk kepentingan pembangunan negara.